MAPEL KELAS MAYA
KELAS MAYA
Deskripsi
Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan sebuah upaya
untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran
dalam kelas maya bukanlah mengantikan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan
bersama guru anda di kelas, tetapi dengan memanfaatkan kelas maya anda akan
mendapatkan tambahan atau pengayaan (enrichment)
materi yang akan melengkapi pembelajaran konvensional. Dengan model
pembelajaran seperti ini, anda akan di dorong untuk lebih aktif dan kreatif. Aktif
dan kreatif mengandung pengertian bahwa dalam kelas maya anda diharapkan untuk
mencari,membaca, dan memahami materi dari berbagai sumber belajar digital, di
samping untuk menyimpulkan, mencipta,dan berbagai baik pengetahuan yang telah
anda dapatkan maupun hasil karya yang telah anda buat kepada kawan kawan anda. Anada
juga diharapkan mampu untuk berdiskusi dan berkerja sama dalam kelompok secara
virtual.
URAIAN MATERI
Pemanfaatan kelas maya
Dalam pembelajaran, teknologi
dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkuan pembelajaran,meningkatkan kecepatan
belajar, dan meningkatkan efisiensi pembelajaran.
Ada 6 (enam) potensi kunci dari
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam rangka revoulisi
pembelajaran.
1.
Konektivitas
– akses terhadap beraneka ragam informasi tersedia dalam skala global. Selama anda
memanfaatkan koneksi internet, anda akan mendapatkan informasi apapun yang
tersedia dalam word wide web (www). Dalam mencari informasi, anda juga tidak
akan merasa kesulitan berkat bantuan mesin pencari seperti google atau bing.
2.
Fleksibilitas
– belajar dapat di laksanakan dimana saja dan kapan saja. Dengan cara belajar
yang terjadwal dalam kelas yang anda laksanakan selama ini (kelas
konvensional), guru adalah sumber belajar utama bagi anda. Akan tetapi dengan
kelas konvensional yang diperkaya dengan TIK, anda memiliki kebebasan dalam
menentukan waktu yang tepat kapan anda belajar dan tempat anda belajar, selama
anda dapat menggunakan computer dan mengakses internet.
3.
Interaksi
– evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri. Dengan memanfaatkan
TIK, anda dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun mengerjakan
ujian dimanapun dan kapanpun anda iginkan. Dalam beberapa model ujian,anda juga
di mungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara
otomatis sehingga anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil
penilaian ujian anda.
4.
Kolaborasi
– penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar
ruang kelas. Dengan memanfaatkan inertnet, anda telah berada dalam sebuah
jaringan luas. Oleh karna itu dengan memanfaatkan perangkat diskusi melalui
internet, anda dapat berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pendapat, baik
mengenai sebuah ide, permasalahan maupun solusi dengan rekan atau guru anda. Dengan
perangkat ini anda juga dapat membuat kelompok belajar. Dalam kelompok ini anda
akan.
5.
Peluang
pengembangan – konten digital dapat terus menerus di kembangkan sehingga dapat
memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional. Dalam kelas konvensional,
anda dan guru harus berada dalam ruangan yang sama. Akan tetapi dengan
memanfaatkan TIK guru dapat memberikan intruksi dari tempat tertentu dan anda tetap
dapat mengikuti intruksi guru anda tersebut walaupun anda berada di tempat yang
berbeda.
6. Motivasi – multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan TIK, anda akan mendapatkan berbagai sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah video atau animasi yang menjelaskan konsep atau peristiwa tertentu. Dengan bantuan media ini, anda akan mendapatkan ilustrasi/gambaran yang lebih nyata dan dapat meningkatkan minat anda dalam belajar.
setiap ketikan rapikan sisi kanan dan kirinya biar kelihatan bagus. + photo profilnya dimasukkan juga.
BalasHapus